Jumat, 29 Agustus 2008

WIRELESS 40KM


WIRELESS 40KM 

Juli 2007, team Data Centric Technology mendapatkan tantangan baru. Membangun link wireless 40km dari Serang Timur ke Cikupa. Jujur saja walaupun kami sudah melayani pasar seluruh Indonesia untuk membangun jaringan wireless LAN, tapi jarak terjauh tidak lebih dari 15km, jelas saja ini jadi tantangan buat kami. Walau pun sempat maju mundur karena takut tidak berhasil dan mengecewakan customer, tapi akhirnya BISMILLAH ! kami terima tantangan ini. RAWE-RAWE RANTAS MALANG-MALANG PUTUNG !!! "Yang jahat di berantas yang baik pasti untung !" apa coba !

Kami punya semboyan merakit-rakit dahulu...baru manjat kemudian

Adalah PT. Marga Mandala Sakti (Perusahaan pengelola jalan tol Jakarta-Merak) yang mempercayakan pembangunan link wireless untuk komunikasi data dan cctv camera-nya kepada kami. Serang Timur (SerTim) ke Cikupa 40Km (tepatnya sih 39.9Km). Sebetulnya link dari Serang Timur ke Cikupa sudah ada tapi masih pake 4 repeater Serang Timur-Ciujung-Balbar-Baltim-Cikupa, ada setidaknya 8 unit radio wireless yang bahu membahu membangun link sertim-cikupa, customer kami berkeinginan untuk sertim-cikupa cukup dengan 1 link saja.SIAP LAKSANAKAN !!!

Spiderman berkata : "walau di ketinggian 45meter, narsis harus tetap dipertahankan!"

Perangkat perang kami siapkan, mulai Tools lengkap, alat panjat, radio wireless Mikrotik, antenna grid 24dBi 2.4GHz, + Adaptor 18V, sampai kacamata hitam kami siapkan, pasukan kami sudah mirip sekali dengan Will Smith di film Man In Black (Karena kebetulan kami juga tidak terlalu putih...hehehe) tua kejemur katanya, team Data Centric Technology siap beraksi ... CABUT MANG !

Dengan Xenia hitam kami meluncur ke Serang Timur dulu sebagai tujuan awal, macetnya jakarta mah jangan di bahas ya udah biasa kayanya ... kami berpacu dengan kecepatan rata-rata 100km per jam, maklum driver yang sekaligus spiderman-nya sudah lulus dari macetnya pasar pondok gede, jadi kalo ada jalan yang lowong dikit bawaannya pengen nginjek gas terus...hihihi.

Singkat kata sampailah kami ke tempat tujuan...setelah nyengar-nyengir, cipika-cipiki dan minta ijin dari tuan rumah kami langsung melaksanakan tugas mulia kami ... yaitu MANJAT TOWER triangle tinggi 45 meter, kami pasang perangkat kami dengan kecepatan mirip pasukan F1 lagi ngeganti ban di paddock (lupa nulisnya), akhirnya setelah di sarareting Access point kami siap dengan pancaran signal yang bagus ! 1 titik lagi ayo kita meluncur ke CIKUPA.

Sampai di CIKUPA, perut mulai dangdutan, hmm...ow memang waktunya ISHOMA (Istirahat shalat makan), kami pun istirahat sejenak di warung Mak Nyak di belakang kantor gerbang tol Cikupa.

Alhamdulillah kenyang juga nih, maklum nasi 1 porsi, Es jeruk 1 gelas sudah memuaskan cacing2 di perut kami. Tinggal 1 gelas kopi hangat dan rokok...hmmm ritual ini yang paling MANTAP ! rasanya dunia aman tentram sejahtera ... sruuuuuuuut ... ppppuuuuuuuhh... uenak tenan !

Sebelum ngantuk menyerang, setelah berdoa, kami mulai menginstalasi Cikupa ... kecepatan kami mulai menurun karena agak ngantuk juga setelah makan ... tapi tugas musti tetap di tunaikan ... LANJUT BRO ! Spiderman manjat, notebook di buka, tambang di ulur, HT di aktifkan... instalasi di cikupa lancar ... tinggal pointing siap 1 2 3... kiri dikit...belum dapet signal ... kiri lagi ... belum dapet signal ... kiri lagi... blas...balik kanan ... g dapet signal ... kanan lagi ...kanan...kanan... g dapet juga...kenapa ya...?

Sejenak berpikir a ha ... mungkin adaptor nya harus di gedein pake yang 48V ...kami coba ganti denga adaptor 48V...a ha signal mulai muncul, tapi setelah di pointing, maksimal signal hanya -81dBm walah !!! kita musti ke Serang Lagi nih ...

Hari mulai senja 17.30 WIB, layung di barat mulai keliatan meng-orange-kan bumi...tanggung jalan lagi ke serang ...

Adaptor yang di Sertim sudah kami ganti dari 18 jadi 48V, saatnya pointing .... SIAAAAAAAAAAAAAAAP ! kiri dikit...-78dBm haaa...pertanda bagus nih ... kiri lagi -74dBm kiri lagi -70dBm kiri lagi ... lagi ... dikit kiri ... lagi .... YEAH ! HOREE!!! -50dBm mantaf !!! eee...sebentar blm di ping coba test ping ... wew MANTAP!!! ow masih ada lagi test bandwidth YEAH! MANTAP JUGA !!!

ALHAMDULILLAH !! Serang Timur-Cikupa, 40km telah terkoneksi dengan kualitas link yang sangat bagus !! Syukurlah semua senang...akhirnya kami pun pulang jam 9 malam dari serang timur dengan rasa bahagia. Terima kasih Tuhan !!!

Salam

AksanRaharjo
Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar