Jumat, 09 April 2010

produksi ipad hanya butuh $259

iPad mungkin mampu menjanjikan revolusi di pengalaman berinternet. Namun tahukah, harga produksi iPad sebenarnya hanya berkisar setengah dari harga ritel...wow!!



Setelah berhasil mendapatkan iPad, perusahaan riset iSuppli langsung memereteli komponen yang ada di iPad. Kesimpulannya, harga produksi iPad untuk versi termurah, hanya membutuhkan sekira USD250,60 untuk seluruh komponen, ditambah dengan biaya maunfaktur sekira USD9 per unit. jika dipadukan, total harga produksi untuk satu unit iPad hanya sekira USD259,60, atau hanya sekira 50 persen dari harga ritel yang mencapai USD499.

Namun begitu, meski harga produksi mereka hanya 50 persen dari harga ritel, bukan berarti Apple benar-benar mendapatkan keuntungan sebesar 50%. Menurut iSuppli, masih ada biaya lain yang membuat Apple diperkirakan tidak banyak mendapatkan keuntungan. Beberapa di antaranya adalah biaya riset dan pengembangan, marketing, promosi dan lainnya yang harus diambil dari biaya penjualan iPad.

Dari biaya produksi sebanyak itu, layar touchscreen dalam setiap unit iPad membutuhkan biaya paling banyak. Komponen layar sentuh iPad bernilai USD109,50 atau sekira 44 persen dari total biaya produksi. Contohnya, untuk glass display saja, yang berukuran 9,7 inci itu, membutuhkan biaya USD65.

Untuk biaya terbesar kedua di iPad adalah perangkat memori yang berukuran 16 gigabyte yang dihargai senilai USD30. Sedangkan untuk baterai menempati posisi ketiga untuk biaya komponen terbesar, yang mencapai USD21 per baterai.

Apple telah berhasil membawa iPad ke pasaran dengan harga jual berbeda, mulai dari USD499 hingga USD699 untuk kapasitas memori yang berbeda. Bahkan setelah ini, Apple juga akan menggelontorkan iPad dengan kemampuan komunikasi selular dengan harga diperkirakan USD629.

- begitulah serba-serbi mengenai IPAD yang lg heboh di tahun ini_
mudh2 infony bermanfaat ya
kaskus.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar